BELAJAR MEMBUAT APLIKASI PERHITUNGAN DENGAN MS ACCESS

· Uncategorized
Penulis

 

              Disini saya akan menjelaskan detail dan langkah-langkah  bagaimana membuat tabel database tentang funsi if dan aritmatika pada ms acces 2007 .Dan untuk memudahkan Belajar saya langsung aja terjun aja ke TKP(Tugas Kuliah Praktek).
Sekarang kita akan membuat form perhitungan dengan tujuan menghitung angka 4 +8= …?  6×6=..? 8:2=..?  9-3=..? berapa..
Jika anda punya kalkulator mungkin anda tinggal pencet pencet aja dan tau hsilnya …atau bila anda sudah tahu mngkin langsung aja bisa menjawabnya.
Tapi disini kita belajar membuat aplikasinya dari NoL.Oke..skarang kita ikuti langkah-langkahnya berikut ini:
1.     Pertama buka ms acces anda.  (kalo ngk tau kebangeten,,,,hehehehe)
2.     Klik BLANK DATABASE seperti pd gmbr dibwah
 
kemudian beri nama perhitungan klik Create Seperti gmbr  dbwah ini
 
3.klik Create
 
klik Formdesign sperti gmbr dbwh
 
 
 
4.setelah muncul layar form baru pilih Design pada menu atas sperti gmbr ini :
 
5.Oke skarang kita tambahkan  TEXBOX dan drag ke form perhitungan dengan cara klik kiri mouse di kotak form dan geser kekanan.
Dan jadi sprti gmbr dbwh
 
 
Kmudian klik Text0 di form gmbr diatas dan ganti namanya dengan cara
Klik pada property sheet sbelah kanan dan lihat pada Format sperti gmbar ini 
Dan Gant Caption dengan nama “angka1”
Kmudian  kembali lihat ke layar form terus klik yang ada tulisanunbound dan lihat di properti OTHER dan ganti nama dengan “text1” sperti gbr ini:
 
Dan kemudian buat lagi TEXTBOX seperti tadi caranya dan beri nama di propertysheetnya dengan nama “text2 “,dan degan hasil sperti gmbr ini
 
 
Kemudian buat ComboBox Dengan mengklik icon dimenu sprt gmbr dibawah terus drag dibawah textbox tadi dengan hasil sprti dbwh ini :
 
Kemudian klik pada Unbound combo yang baru kita buat tadi disini combo4 namanya.
Lihat di property sheet di sebelah kanan dan ganti Row Source Type menjadi Valuelist kemudian lihat baris Row Source DAN KLIK titik-titik dibarisnya akan muncul sperti gmbr
 
Dan tulis :
Penjumlahan
Pengurangan
Perkalian
Pembagian
 
Menjadi sprti gmbr inI
 
 
Dan klik OK.
Dan buat lagi TexBox dengan cara sperti cara di atas tadi  dan akan sprti ini
 
 
Kemudian klik text6  dan lihat di propertysheet >format >caption = Hasil
  dan         >Other  >nama = texthasil
 
 Dan perlu diingat2 tadi setelah jadi 2textbox dan 1 combo box namanya tadi apa .oke biar jelas lagi saya ulang yang telah kita buat  tadi
Text1= textbox no 1 paling atas baris angka1
Text2=textbox no 2 dari atas baris angka2
Combo4= list pilihan yang berada di baris ketiga
Texthasil= textbox yang berada paling bawah
 
Dan kemudian buat lagi Button Dengan cara klik icon button pada menu bar sperti gmbar
 
 
Kmudian drag ke bawah texthasil dan hasilnya
 
Kemudian lihat di propertysheet klik Event >on clik>evenprosedur> klik titik-titikm maka akan muncul sprti gmbar
 
 
 
 
Kemudian tulis kode hijau  dibawah ini
If Combo4 = “penjumlahan” Then
    Texthasil = Text1 + Text2
ElseIf Combo4 = “pengurangan” Then
    Texthasil = Text1 – Text2
ElseIf Combo4 = “perkalian” Then
    Texthasil = Text1 * Text2
ElseIf Combo4 = “Pembagian” Then
    Texthasil = Text1 / Text2
End if
 
Sprti gmbr dibawh ini
 
Dan klik “cntrl+S” kemudian berinama form dengan namaperhitungan  kemudian tutup/close ,close kemudian buka dengan mengklik dua kali pada form perhitungan disebelah kiri akan tampak hasil sperti dibawah ini
 
 Nah bingung kan ,,, tau ngk kenapa ,,,?? Hehehehe… tiga tambah lima kok tipuluh lima apa ngk salah tuh ,,, hehehe
Yaudah kita selesaikan seting di propertynya yaitu klik kanan pada tabel perhitungan pilih view design dan klik pada angka 1(tempat untuk menulis angka1) dan lihat di property sbelah kanan pilih format >format=standart
 kmudian klik lagi pada textbox angka2  dan textbox Hasildan lakukan seperti diatas ganti formatnya standar
 kmudian klik CLOSE FORM dan buka lagi klik 2 kali dan lihat hasilnya :
 
 
 OKE SELESAI .
Semoga membantu !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: